lawang code

lawang Code


Tanyakan kode disini

Cara Mengobati Gondongan

oleh Barrah Gazala 1 minggu yang lalu

Gondong adalah suatu kondisi yang telah didengar oleh semua orang di zaman mereka; itu adalah infeksi yang terutama menargetkan kelenjar parotid, yang merupakan salah satu dari tiga pasang kelenjar liur yang ditemukan di depan dan di bawah telinga. Ini disebabkan oleh virus. Jika seorang dewasa atau anak mengontrak kondisi ini, ia berisiko menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua kelenjar parotid.

Meskipun berpotensi serius untuk mengalami komplikasi dari gondong, itu adalah kejadian langka, dan kemungkinan bahkan mendapatkan gondong untuk memulai tidak sangat baik. Sebelum tahun 1960-an, penyakit gondok adalah kejadian yang sangat umum, tetapi setelah pemberian vaksin untuk gondong, jumlah kasus secara dramatis menurun jumlahnya.

Karena wabah gondongan masih ada di Amerika Serikat dan juga masih cukup umum di seluruh bagian lain di dunia, penting untuk mendapatkan vaksin untuk mencegah kondisi ini sama sekali.

Ini dapat menjadi stres menunggu janji untuk datang, meskipun mungkin untuk meringankan gejala gondong dengan menggunakan penghilang rasa sakit counter, seperti acetaminophen (Tylenol, yang lain) atau ibuprofen (Motrin, Advil, yang lain) selain untuk kompres dingin.

Namun, jangan berikan aspirin pada anak tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Berusahalah untuk beristirahat sesering mungkin, jangan bersentuhan dengan orang lain sampai pertama kali melihat dokter. Dalam minggu pertama gejala dan tanda mulai muncul adalah ketika gondok adalah tahap paling menular.

Baca juga Cara Mengobati Gondongan

Tes dan Diagnosis

Jika dokter mencurigai bahwa gondong harus disalahkan untuk gejala-gejalanya, mungkin perlu untuk mengambil tes darah atau budaya virus. Tes darah mungkin berguna dalam mendeteksi antibodi untuk pompa, yang akan menentukan apakah ini adalah masa lalu atau infeksi baru.

Perawatan dan Obat-obatan

Karena fakta bahwa gondok disebabkan oleh virus, tidak akan efektif untuk mengambil antibiotik apa pun. Seperti halnya penyakit virus apa saja, infeksi gondok hanya perlu menyelesaikannya. Untungnya, sebagian besar kasus gondok, asalkan tidak ada komplikasi, hanya akan berlangsung sekitar dua minggu.

Sebagai aturan umum, sekali seminggu telah berlalu setelah diagnosis gondong, seseorang tidak bisa lagi dianggap menular.

Pencegahan

Untuk sebagian besar, setelah infeksi telah terjadi atau imunisasi gondok telah terjadi, seseorang dianggap kebal terhadap gondongan. Vaksin untuk mumps biasanya diberikan dalam inokulasi yang menggabungkan campak-gondok-rubella, atau MMR.

Ini mengandung bentuk yang paling efektif dan paling aman dari setiap jenis vaksin. Biasanya dua dosis vaksin MMR diterapkan seperti yang direkomendasikan sebelum memasuki sekolah, dengan yang pertama antara usia 12 dan 15 bulan dan yang kedua baik antara usia 4 dan 6 tahun atau usia 11 dan 12 tahun.

Karena wabah yang baru-baru ini terjadi di Midwest, baik pekerja perawatan kesehatan dan mahasiswa sangat dianjurkan untuk memastikan bahwa mereka telah mendapatkan dua dosis vaksin MMR.

Telah menjadi semakin jelas bahwa hanya satu dosis yang tidak menawarkan perlindungan yang cukup merupakan wabah yang akan terjadi. Namun, karena rekomendasi dosis kedua ini tidak dimulai sampai akhir 1980-an atau awal 1990-an, ada banyak orang dewasa muda yang belum benar-benar mendapatkan dosis kedua dan harus mempertimbangkan untuk melakukannya sekarang.

Sumber Karya Sehat

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Recent Tag

X 4
X 6
X 1
X 21
X 3
X 1
X 107
X 1
X 2

Bantuan

Help

Feedback

Help